mahardhika dewi

Tidur.. ternyata ga ada nikmatnya…

Posted on: Februari 18, 2009

Bismillahirrahmanirrahim…

mari kita berbicara mengenai tidur… apa pemikiran awal anda mengenai tidur?? (nikmat kah?)

emm jujur selama ini aku takut banget kehilangan waktu tidur…pengennya tidur mulu! jikapun sangat terpaksa aku pasti nyari2 waktu bwat ambil jatah tidurku, selama ini tidurlah yang paling aku anggap penting n paling nikmat.

………. tanpa sengaja aku menemukan buku karya sofian assauri di dekat meja makan, ga tau deh sapa yang naro, ga sempet nanya sie….buku ini berjudul 31 cerita ba’da isya.. yup buku ini isinya 31 cerita singkat untuk anak-anak yang bernafaskan islam bukan dongeng atau cerita rakyat…

setelah membaca buku cerita singkat tersebut ada satu cerita yang menyadarkanku ternyata persepsi aku tentang tidur itu salah….. ” semakin banyak tidur semakin enak!! ga bener aaahh!!” .. yup intinya terlalu banyak tidur itu tiada guna!! usss jauh-jauh deh sifat pemalas….!! nauzubila…

TIDAK ADA NIKMAT TIDUR.

Ali bin Abi Thalib sahabat Rasulullah yang terkenal sebagai orang yang cerdas. Rasulullah pernah bersabda bahwa apabila beliau diumpamakan sebagai kota ilmu, Ali adalah gerbangnya.

Pada suatu hari ada sahabat yang bertanya kepada ALi bin Abi Thalib.

” Berapa kecepatan kilat ketika menyambar?”

“Tidak lebih cepat daripada doa makhluk yang dikabulkan Tuhannya, ” jawab Ali bin Abi Thalib

“Berapa jauh jarak antara timur dengan barat?”

“Tidak lebih jauh daripada jarak terbit dan tenggelamnya matahari”.

“Kapankah nimatnya Tidur?” tanya sahabat lainnya.

“Tidak ada nikmatnya, “Jawab Ali bin Abi Thalib.

“Kalau kukatakan sebelum tidur, sungguh tidak mungkin. Bagaimana bisa kuketahui nikmatnya kalau aku belum tidur?

“Kalau kubilang sesudah bangun tidur, juga tidak mungkin. Bagaimana aku merasakan nikmatnya tidur karena karena ketika bangun aku tidak merasakan sedang tidur.

Kalu ku katakan selagi tidur, lebih tidak mungkin. orang tidur tentu tidak sadar. Bagamana dalam keadaan tidak sadar bisa menikmati sesuatu? Maka, sebenarnya tidak ada nikmat tidur. KArena itu, jangan terlalu banyak tidur. Sebab, kita tidak merasakan apa-apa, padahal waktu terus berlalu. Hidup kita akan terasa pendek meskipun umur kita panjang. Sebab, dalam keadaan tidur, kita tidak merasakan hidup.”

Begitulah Ali bin Abi Thalib menjawab pertanyaan para sahabat.

nah loeee… uda pada tidur belom ya??? hebatkan ika masi bisa idup ampe jam segini… (loh emang jam berapa sekarang… walaaa masi pagi too… hiiii…

Oke semua…  sebelum tidur jangan lupa BISMIKA ^_^

BISMIKALLA HUMMA AHYA WABISMIKA AMUT.

Semoga Mimpi Indah…. 🙂

Iklan

67 Tanggapan to "Tidur.. ternyata ga ada nikmatnya…"

pertama udah,kedua juga udah…waduh2 aku bagian yang ke tiga..pagi2 banget mw ronda disini ah..

aku?ke’empat yah?gpp deh..
btw, ak baca ‘psikologi kematian’ komarudin hidayat, kalo ada kiamat besar ada juga kiamat kecil..nah, tidur dalam buku itu diumpamakan sebagai ‘mati’ kecil..

uahm,molor lagi ah

Lagi mampir mbak Ika..:-)

Saya kira udah gk bisa akses internet lagi,trnyata Alhamdulillah…pas nyoba-nyoba buka Opera Mini langsung nyambung:-).

Semua perkataan Ali Bin Abu Tholib ra memang benar.Kalau kita kebanyakan tidur malah badan rasanya sakit semua dan kepala pusing.Bener gak?:-)

Salam hangat dan persahabatan selalu;-)

Tidur tidak lebih untuk istirahat tubuh, secukupnya saja.
Saya malah sulit tidur belakangan ini. Oh, saya ada di daftar Sahabat, Terima kasih.

hehehe…….. tapi bwat orang puasa, tidur adalah ibadah….. ya gak??????

mau tidur nyenyak………..dek
jangan mikirin si blue……….halah!
semangat……semangat…………..
salam hang
salam persahabatan sejati

kebanyakan tidur emang g enak Bu guru. Tapi jangan tidak tidur, karena tidur itu kebutuhan pokok tubuh kita. Coba deh bu guru g tidur dua hari, pasti lemes dan malah g bisa ibadah dan itu sama dengan mendholimi diri sendiri. Bener tuh kata Imam Ali bahwa tidur itu tidak ada nikmatnya, tapi ada rasa seger kalo abis tidur, abis tidur loh ya bukan nikmatnya tidur. 🙂

aduh ke 10, yang jelas berapapun lamanya tidur yang jelas akan terasa nikmat dan segarnya badan setelah ktia lelah seharian…

tidur ada lho nikmatnya, tapi cuma sebentar…
yaitu pas bangun…kayanya pas bangun itu, tidur berasa enaknya jadi pingin nambah..

tidur mungkin ga ada nikmatnya,, tapi seengganya tidur bisa ngasih tubuh kita waktu buat istirahat

mbak ika numpang tidur di blognya yah… zzzzzzz.zzzzzzzzzzz…..zzzzzz..zzzzzzz.

untungya aku g suka tidur…sukanya bobo.. 🙂
maklumlah insomia ya kek gini.. :mrgreen:

Tidur adalah panggilan alam. yang mana dia akan datang tatkala tubuh kita lelah beraktifitas. kita bisa saja menolak untuk tidak tidur. tapi bukankah tidur itu siklus keseharian manusia? Allah menaruh kantuk agar manusia bisa beristirahat. sungguh, tidur adalah nikmat. apalagi dengan tidur dimulai menyebut asmaNya…. 🙂

zzzzZZZZZ….. 😆

Maksud dari tidur gak ada nikmatnya adalah tatkala kita keasyikan tidur hingga melupakan kewajiban untuk “laporan” kepadaNya… 🙂

maaf ya g bisa hatrixxxxxx….wakakakakakkk…*kaburrrrrr*

yah, keselip mas didien….. 😀 tapi gpp deh….. heheheh…. mbak ika, maapkeun ya, saya datang untuk berbagi virus hetrik, xixixixixi….. 😀

salam… 🙂

tul jg pa lg kalau siang ga kbagian rejeki sbab org2 pd nyari nafkah..

Mas ciput : 🙂

anto84 : sabar yach pasti tar dapet yang pertama.. emm bukannya kalo ronda tw malem yach ?

dusune : Betul banget.. bagus ga bukunya, kl bangus pinjem dong hee (haiya modal minjem..beli atuh!)

gustidana : iyh…. terlalu byk tidur badan pegel n pala pusing.. waduu kebanyakan tidur nie….

nahrawisagita : tidur secukupnya adalah sehat

mb ika : puasa takut kerja keras.. biar ga cepet cape ambil tidur deh.. heeee

kezedot : blue.. gimana ika bs tidur nyenyak kl blue blm bilang sapa yg marah dg blu… weeeeee..

langit jiwa : Uda pernah ngompol waktu masi bayi…tapi lupa

humor lucu : waa sepertinya sekarang posisi nya uda kebalik nie… pak guru……????? kalo mas toni uda ngomong ika mgikut aja deh…. siipppp…

Om iyan : yang ke 11 om hehe…..

gerilyawan : emang bisa dirain nikmatnya pas bangun tidur.. ? kan lagi tidur?

Billy : yup… correct

kenuzi 50 : sekalian numpang mandi aja mas.. brrrrrr……….brrrrrrrrrrrrr….brrrrrrrrr

mas didien : waa… balas dendam nie…., viruss mewabah hhh..

mas agung mojosari : Subahanallah.. Allah memang maha tau… seakana-akan tubuh ini memiliki jam biologis sendiri (hallow jam biologis kata apa lagi ini? ) waktu lelah bobo.. pas subuh bangun…. (tergantung kebiasaan….)
salut bwat comentnya mas,,, ika suka.. tapi virus hetrixxnya bahaya nih… kudu siap2 anti virus

mbahkoeng : siang bwat kerja…. kerja kan ibadah bro….. lakukan hal yg bermanfaat selagi masi ada waktu 🙂

wah, aku yang ke berapa nih… abis seharian ngukur jalan… wek.. wek… wek…

tidur bagi aku merupakan kenikmatan, nikmat yang diberikan Alloh swt. Sama seperti udara yang kita hirup, makanan yang kita makan. Bukan kah waktu kita dibagi 3, 1/3 untuk kerja, 1/3 utk ibadah, 1/3 istirahat. Dan istirahat yang paling sempurna adalah tidur…

Salam kenal buat semua yang coment posting nya ika ini…

huwaahaahahahemmm….. tidur dulua aahhh…..

Tidur itu mungkin suatu nikmat, namun tidak untuk kita.. tapi untuk organ-organ tubuh kita yang sudah bekerja untuk kita seharian.

Wah bener sekali terkadang kita suka ga mikir dulu dan sangat gemar tidur(setekah kenyang) padahal dengan tidur itu banyak hal yang akan kita lewatkan..

Subhanaallah…

Salam Bocahbancar Mbak Ika…

http://bocahbancar.wordpress.com/2009/01/21/kekayaan-yang-memiskinkan/

mbakkkkkkkkkkkkkkkkk??????????hoi bangun2 jangan tidut aja???udah siang nehhh

tidur… waduh aku tukang molor wee… kalo sakit dikit harus dibawa tidur biar sembuh…. wuduh… berarti aku gak sopann ki jadi TUTI = Tukang Tidur huwaaaaaaaaaaa…………
Aku kan mirip singa masae tidurnya 20jam wakakaka

Eh tu ngapain yah agung dan didien selip-selipan komen emang Valentino Rossi….. wekekeke

Sesama Pembalap (Pemuda berbadan Gelap) dilarang saling membalap (memang benar2 gelap)

Gw silang pendapat ma Ali Bin Abu Thalib,
1. Peng-kabulan do’a gak secepat itu brur…, Tuhan jg mempertimbangkan ne manusia udah siap mental gak dikabulkan do’anya? gw kan jg makhluk Tuhan. gw dah dari dulu berdo’a minta kaya toh sekarang di saat kilat dah menyambar ribuan kali do’a gw belom dkabulkan? kali Tuhan nilai gw bakalan sombong klo kaya ye…..

2. Mentari terbit-tenggelam butuh waktu kurang lebih 12 jam, barat-timur deket bgt bro, sebelah kanan hidung barat, sebelah kirinya timur.deket kan..???

mahar………………
blue datang lagi di parkiran
q panggil u mahar manizzzzz banget ya
kali ini semoga tidurnya nyenyak karena blue sudah kembali
salam hangat selalu

dalam tidur nikmatnya… ya tidur.

salam…
yup bener banget
klo lama2 tidur badan juga pada pegel2 loh bangunnya
yang baik itu tidur sesuai dengan kebutuhan, max 8 jam/hari…biar bagaimanapun tubuh kita jug aperlu istirahat
salam kenal ya ^_^
mampir ke blog ku ok

ah,,,

gk ada enaknya tidur???

ENaak lagi,, ,bisa ngayal waktu tidur,,

HEhehe,,,,

maen yahh k blog tandud,,,,

nikmat tidur kalo mimpiin ……………..,,,,,??????

kalo di hitung2 kehidupan manusia hanya dihabiskan untuk tidur.

ga percaya itung ajah,

tidur
yah buat ngelepas lelah deh
btw salam kenal

Tidur juga ibadah(puasa red).Lam kenal nich saya fans baru mbak ika..

wah kalo saya emang hobi tidur…

benar kata mba Indri maksimal tidur tuh 8 jam, lebih dari itu anda kena penyakit TUMOR (tukang molor)…… 😆

bagiku tidur itu kenikmatan,

karena saya hyper insomnia 🙂

sehari paling cuman bisa tidur 3 jam hihihi

senang berkenalan denganmu

-smiley man-

Umarholis : Pembagian yang adil yah… mantap 🙂

madhysta : smg mimpi indah….

Kampanye : pendapat yg oke…. inilah maksudnya

Bocah bancara : Setuju!! ini juga point dari postingan ini, namun tidur secukupnya itulah yg paling penting.

Anto 84 : pagi………..!! oh udah siang to… 🙂

Isfiya : Kl sakit emng haruz istirahat mb…. n mesti minum obat juga yach, hihih…. mb.. fit bisa aja… mereka berdua pembalap ya ?(pemuda berbadan gelap)

Prof : 1. Maaf prof……sepertinya ada yang salah paham nie…. maksudnya adl jika Allah menghendaki do’anya terkabul maka saat itu juga pasti didapatinya. KUN FA YA KUN, maka jadilah ia.
tapi mengenai pengabulan do’a saya sependapat jadi Allah tau mana yang terbaik u/ kita, jika itu baik pasti deberikan jika tidak berarti itu bukan yg terbaik untuk kita…. hehe sabar aja pasti kaya kok…. kaya kan ga mesti dalam hal materi, bisa kaya ilmu, kaya sahabat, kaya betrand antolin juga bisa heheh,,,,
2. bisa aja.. emmm trimaksi telah mampir prof 🙂

Blue : maharnya berapa mas?? kaya mo lamaran aja weeeee… panggil ika aja ato manis juga gpp (ngarep**..)

Rhyzq : bingung 🙂

indri : siip.. setuju! aku langsumh ,,meluncur mb…

tab\ndud : waktu ngayal.. berarti ga tidur? gimana ngerasainnya??

ofa ragil: hehe… yg jelas jumlahnya banyak…

punk els : salam 🙂

elistadyon : trimaksi.. salam knal juga…

casual cutie : jangan dijadi;in hobi mb… aq pernah tapi ternyata bnyk hal penting yg telah aku lewatkan selama tidur… gunain unt yg lebih bermanfa’at yah… misalnya bkunjung ke blog ika hikzzz,,,,

Rychan : TUMOR (tukang molorrr ouy….. iiiihhh…. penyakit gana tw…

septarius : mas septa…..tidurnya meski ditambah yach… insomnia kan suatu penyakit.. jadi jagalah tubuh biar ga sakit, mesti usaha biar bisa tidur normal…. maksimal 8 jam sehari… tapi kl menurut buku islam yg pernah ika baca kalo ga salah 6 jam adalah waktu yg tepat untuk istirahat dalam sehari…. karena malamnya bangun bwat ibadah lagi hehe…. tapi jika ingin yang lebih adil lagi bwat organ tubuh gunakan waktu kita dibagi 3, 1/3 untuk kerja, 1/3 utk ibadah, 1/3 istirahat, seperti yg dikatakan umarholis 🙂 okey bro…. 🙂 trimaksi telah berkunjung…..

nizzzzzzz
semoga menyenangkan akhir pekanmu malam hari nanti ya
dan u akan selalu tidur nyenyak setelah menatap wajah blue di fb hahaha.
salam hangat selalu

blue : ini hadiah untukmu blue……..
semoga komen balasan ku ini bisa menemanimu malam ini wehehehe…
benarkah aku akan tidur nyenyak dan mimpi indah setelah menatap wajahmu blue????? atokah aku akan mimpi…………… (takuttt………:) ) salam maniss buatmu blue….
sungguh hanya engkau yang bisa membuat aku mimpi burukkkk….. huaaaaa………… salah!! maksudnya hnya kamu yang bisa membuat aku tergila-gila……, lagunya tiket => hanya kamu yang bisa.

puas.puas.puas…hehehe
itulah nikmatnya atau lebih tegasnya lebih hancurnya berteman dengan blue di parkiran hehehe
salam hangat selalu

oh blue… aku lagi di mal sekarang
namun aku rela menyempatkan diri tuk membalas sapaan dari mu…

blue…..

aku belum puas blue… Huehue… apaan sie nie… parahhhhhh…… 😀

benar, kadang nyesel banged kalo tidur lama2. karena, mungkin bisa dipakai waktunya buat kegiatan lain.

tapi; klo sudah tergoda; apalagi weekend; hanya orang kuat iman yang bisa menahan untuk tidak tidur seharian. he2.

halo mabak…lagi apa,kok ga mampir????

Lapor, jam stngh 4 pagi skrng mbak, dan saya belom tidur..

Shayaat : tw kan nyesel… sama hehe….. tapi kadang teori susah bngt diterapin yah?

anto 84 : lagi ada kondangan tadi maz…. makanya ga bisa mampir hehee……

Grubik : waduu…. ati2 tar malah ga tidur2… ga bener juga tw HAHAHA…..

zzzzzzzzzz…..
hehehe…

nizzzzzzzzzzz
gimana minggu inimasih mau tidur nyenyak?
semangat semangat ya,niz
jangan lupa impikan blue……hehehe
salam hangat selalu

niz…………
karena burung elang is nama kelompok pramuka waktu blue di sd
tahu tidak.kelompok elang q selalu susah untuk masuk ke kelompoknya.dan tah mengapa blue malah ditawarin masuk ke group ellitz kata teman teman ku dulu..ach jadi ingat sahabat sd ku,niz……………tanen berat nich…….
salam hangat selalu

u suka burung itu ya………..wallalaa ewalala tolong………………………………………………tolong…………………………………..

^^ aku pengen gak ngantuk an….

*Sina oknum tidur di kelas niyh… wakakkakk… ^^

Salam kenal, mbak….

asztaghfirullahal adzim…
ternyata kita ngga pernah sadari itu.

Kezedot : emng pegalaman Sd lue seru bngt…. iy iy sie kl inget jaman dulu bikin iri aja tw.. 🙂

nisa n chiquitte : tidur secukupnya key… 🙂

BismiLLah…

Wahhh cakep postingannya, tapi bukankah mata ini masih terlalu buta untuk melihat hal-hal yang indah… buktinya kenapa kita harus memejamkan mata ketika kita membayangkan? ketika kita bisa melihat mimpi? ketika kita menikmati sesuatu yang dalam?… karena memang yang terindah didunia ini tak terlihat, bahkan oleh mata yang paling sehat sekalipun.

Mungkin kita semua akan melihatnya nanti secara sadar, ketika kita dikumpulkan di Jannah bersama orang-orang yang kita cintai. Semoga…

WaLLohu ‘Alam Bishowaf

Nice Post, Keep Share & CU Arround!
Wassalam 😉

Oya, ketinggalan. tidur itu nikmat dengan ukuran yang tepat. karena mata ini harus dipenuhi haknya setelah melaksanakan kewajibannya :mrgreen:

Amin mas andri… semoga kita menemukan hal yg indah nantinya dan kita ditempatkan di tempat yang baik…..

nikmat dengan ukuran yang tepat… Cool… trimakasi sudah mau berbagi mas… ^_^

Ternyata Ali humoris juga yah. Subhanallah. tapi tidur nikmat kok. Apalagi kalau badan pegel2, capek, nagntuk, tidur deh…wuisss…nikmattt banget rasanya begitu bangun tidur, sebab kita masih bisa bangun. Nikmat.

Iya meskipun kadang keras sahabat Ali bin abi thalib juga bisa homur hiii…….. ada sahabat rosul yang terkenal humoris namanya Nasrudin hoja.. selain humoris nasrudin hoja juga cerdik…
tidur nikmat jika sesuai dengan kadar dan ketentuannya mb…. 🙂

assalamu’alaikum…
bismillah…alhamdulillah, jadi keinget dah…(kerana sering lupa do’a sebelum tidur…)

“tapi keknya da lafal lain dah…”
“bismikallohumma ahyaa wa amuutu…”

wallahu a’lam, ke22nya benar, yang tidak benar tu yang x amalkan, x doa sebelum tidur..( kek aku…)

walhamdulillah

Wa’alaikum salam wr wb…

hehe kalo bobo jangan lupa lagi ya bismikanya……?? kalo perlu ditambah dzikir sampe bobo….. 🙂

iyah menurut ika keduanya bener.. artinya ga ada yang menyimpang…. yang salah tw kalo ga baca do’a sama sekali…:D

salam kenal terimaksi sudah mampir di gubug ika yg sederhana ini dan mau berbagi dengan ku… ika kunjung balik sekarang… tunggu yah.. :!

Kalo tidur dah kebanyakan…emang dah gak ada nikmatnya…
Nikmatnya tidur itu justru ketika kita lagi capek abis…tull gak ? He he he…pengalaman pribadi nehh :mrgreen:

Mb. Yenni : hehe…. tubuh juga butuh istirahat…

kebanyakan tidur bikin cape…
kadang-kadang bikin pegel2 klo kelamaan tdr kerja makin ga bener pedahal udh dari sananya ga bener (garuk garuk)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Indonesians’ Beautiful Sharing Network
spacer

Blog Stats

  • 28,932 hits
%d blogger menyukai ini: