mahardhika dewi

Tahukah Anta

Posted on: Desember 6, 2009

  • NABI MELARANG BICARA BERBELIT-BELIT

Diriwayatkan dari Jabir bahwa seseorang telah memuji dan menyinggung Nabi sehingga mulutnya sampai berbusa-busa. Jika berbicara, Ia selalu berbelit-belit. Nabi kemudian mengingatkan “ Hendaklah kau sedikit bicara dan jangan menurut kehendak setan sebab orang yang yang berbelit-belit bicara termasuk saudara kandung setan “ (HR. as-Syirary dalam kitab al-Alqab) Hadist ini berisi tentang larangan agar tidak berbelit-belit dalam berbicara. Manusia akan diminta pertanggungjawabannya dari kata-kata yang diucapkan itu. Allah pun berfirman “ Tiada dia bicara melainkan di sisinya malaikat Raqib dan Atid”.

  • TIGA KRITERIA ORANG BOLEH BERBOHONG

Suatu hari, seperti yang diriwayatkan Imam Thabrani dalam Al-Kabir, Nabi khutbah dihadapan para sahabat. “ wahai manusia, apa yang mendorong kamu berturut-turut berbohong seperti tempat tidur (kasur) berturut-turut terbakar dalam api. Ketahuilah, setiap kebohongan dicatat atas semua anak adam kecuali tiga 9kriteria). 1) oarang berdusta dalam peperangan karena perang itu tipu daya. 2) Orang berdusta kepada istrinya untuk menyenangkannya. 3) Orang berbohong pada dua orang 9yang bermusuhan) untuk mendamaikannya. “ maksudnya, tiga orang dalam kriteria dibolehkan berbohong karena dalam kondisi darurat.

  • BAGIAN DAGING YANG DISUKAI RASULULLAH

Suatu hari Rasulullah dihadiahi daging unta oleh seseorang. Kemudian Ia memakannya bersama para sahabat. Saat itu, Abdullah bin Ja’far mendengar ucapan Nabi, yang berisi : “ Hendaklah (kau makan) daging punggung sebab daging punggung itu termasuk daging yang paling baik. Dan yang lebih baik lagi adalah daging bagian kaki. “Menurut Rasul, daging punggung hewan termasuk daging yang terbaik, tapi yang lebih baik lagi adalah daging “DZIRA”, yaitu daging hasta, atau kaki belakang dan depan. Keterangan hadist ini diriwayatkan oleh Abu Nu’aim dari Abdullah bin Ja’far, kenudian driwayatkan pula oleh Thabrani.

  • LARANGAN NABI MEMBUNUH KATAK

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad, seperti halnya dalam Sunah Abu Daud, bahwa seorang dokter (tabib) bertanya kepada Nabi tentang katak untuk dijadikan obat. Nabi lalu melarang dokter itu untuk membunuhnya karena katak itu selalu bertasbih, “ Nabi melarang membunuh katak sebagai obat”. Sementara itu, al-Baidhawi berpendapat bahwa membunuh katak dengan alasan untuk menjadikannya sebagai obat bukan karena keharamannya, melainkan karena kenajisannya atau karena katak termasuk binatang yang menjijikkan.

  • LARANGAN NABI MENYIKSA BINATANG

Dalam kitab Shahih Bukhari dijelaskan bahwa suatu hari Said bin Jubair berkata, “ Ketika aku berada di dekat Ibnu Umar, lewatlah beberapa pemuda. Mereka lalu menyakiti dan melempari seekor ayam dengan batu. Ketika mereka melihat kehadiran ibnu umar, mereka semua lari berpencar. Maka, berkatalah Ibnu Umar “ Siapa yang berbuat? Sesungguhnya Rasulullah pernah bersabda, “ Allah melaknat orang yang menyiksa binatang.” Keterangan hadist ini menegaskan bahwa menyiksa binatang termasuk HARAM hukumnya.

Semoga bermanfaat 🙂

Iklan

73 Tanggapan to "Tahukah Anta"

Aduh aku sering menghajar semut yang melintas di laptopku… 😦

sering kali juga kita dalam
membunuh bintang karena ketakutan…,

aku sih orangnya penyayang ama binatang. Selama binatang gak nyakitin diriku hehe. Salam dingin2 hangat panas

tentang katak saya belum memahaminya, pada kenyataanya banyak di laboratorium menggunakan katak untuk bahan praktikum

Datang lagi nih sekedar blogwalking salam

Melarang membunuh katak dan menyiksa binatang.
Cinta alam, dong?!

kalo nyamuk gimana ya?

jng disiksa bang, digeplak biar langsung meninggal apalgi klo mengganggu n ngegigitin :mrgreen:

waduh, biasa menyiksa ayam gimana nih
di gigit sampe di kunyah ha ha ha ha

Pokoknya enggak boleh durhaka sama orang tua.. 🙂

salam kenal.. 🙂

Jangan Nabi, aku aja neg dengan orang yang bicara berbelit-belit dan satu hal yang menarik, boleh bohong untuk menyenangkan istri ?

katak sama kodok itu sama apa beda yah? soalnya kodok goreng mentega itu enak loh :mrgreen:

..
Taukah anta?
Sekarang udah tau Ka..
..

blue malah pengennya u sendiri yg cerita di hp ok
salam hangat selalu

Suatu hari aku diajak makan di rumah temen. Lauknya nggak enak. Trus temen itu nanya enak apa nggak, aku terpaksa bohong bilang enak biar dia nggak tersinggung.
Itu dosa nggak, Mbak!

Salam kenal

makasih sobat….banyak pencerahan hati di sini…

Kalau daging ayam aku suka ceker sama kepala nya :mrgreen:

Postingan yg bermanfaat banget…thx udh berbagi..
pakabar ika???
oh iya ada info Coin Peduli Prita di IBSN

salam, ^_^

berbelit-belit karena bingung gmn?dosa ga?hehehe

tetep dosa mas, hihihi :-p

iya saya juga suka punggung kalo makan daging…

inronya sip banget makasih

Semangat Pagi….
Olah raga BW :mrgreen:

Mampir ke blogku lagi, please. Sy pengen tahu pndpt sdri tentang kehdupan surga.

Sering membunuh nyamuk pake semprotan 😦
gimana dong 🙄

renungan tuk diri..

jazakillaah khoiron..

makasih….dapat pencerahan diri lagi aku disini

Alhamdulillah saya jadi tahu mba…asyiklah bacanya…

perasaan udah pernah komen di sini, kok hilang….

kena akismet kali yah….

atau sengaja diblokir ??

alah…..
.
berbelit-belit,
langsung aja bilang,
kangen kamu…….

aku datang berkunjung………

kalo bicara berbelit-belit identik dengan bicara yang tak berguna.
saya setuju!

Berduasta kepada istrinya untuk menyenangkannya?
Mmh,,ini nih yang kuatir disalah gunakan
hehe….
Diberi penjelasan dong mbak…
😉

Makasih atas pencerahannya…
🙂

hmm dalam artian yg baik2 dong mas bendol…. jangan selingkuh trus bo’ong , Hehehe
misalnya : bilang masakan istri enak padahal agak2 ga enak gitu to mas jadi istrinya seneng n bangga, tambah semangat deh masaknya :mrgreen:

saya penyayang binatang.
apalagi sayang sama orangnya. 😀

nice posting, dika 😉

binatang juga makhluk ciptaa allah swt yang berhak untuk hidup.
itu aja sebagai prinsip dasar saya tentang binatang.

salam peace

baru tahu saya…
makasih infonya

ana belum tau ukhti 😀
makasi ya, ilmunya…
saya suka gado-gado.
lholholho
siapa yang nanya?
:mrgreen:

kalo belalang? soalnya tiap tahun pulang kampung demi makan belalang kayu goreng…

Wah jadi tambah tahu neeh! sukron anti…..

Posting mencerahkan untuk selalu mengikuti sunnah Nabi SAW.

(btw, tulisan di blog saya seringkali berbelit-belit dan tidak mudah difahami)

kadang kita tak sadar berbicara berbelit-belit, menempatkan kebohongan yang tidak benar, membunuh semut dan juga membedah katak di lab.

Waduh..
yang suka makan Swikee termasuk yang nggak disukai Rasulullah dong…

Aq alhamdulillah nggak pernah sih.. hehehe..

Wahhh toppp ka…bermanfaat bangedd….

wew… meski udah tau, tapi diingetin lagi sama mba yg cantik ini. 🙂

kalau binatangnya yang membahayakan kayak kelabang gitu, boleh dong dipukul2 sampai mati, kan membayakan ..

Cara Membuat Web

kuq belum apdet..???

artikelnya masih sama..hiks

wih info yang bermanfaat

klik..klik..klik..klik…berbohong yuk..itu diajarin mahardika….ciakakaka

kaloo..aku sukanya ceker ayam…gimana dunk???malah kurang suka nyang pu nnggung ayam.

Tulisan yg sangat mencerahkan…..

De’ ika bagaimana kabarnya???

Semoga de’ ika senantiasa di dalam Cinta dan KasihNYA

Aamiin…..

Salam sayang dan kangen selalu…..

Waduhh… Aku dulu sering menggunakan katak untuk memancing ikan gabus di sawah, gimana nih?

selamat pagi mbak apa kabarnya? maap nih saya datang tanpa izin hehe Salam dingin2 hangat
panas

Salam Takzim
Mohon izin dan mohon maap,
Selamat tahun baru 1431H
Semoga banyak pahala yang disimpan
Salam Takzim Batavusqu

nasehat yang bagus..
saya akan sekuat tenaga menjalankannya…
agar bisa hidup benar pastinya

Hari berganti hari, bulan berganti bulan, dan tibalah kita di tahun baru.
Wong Jalur mengucapkan selamat Tahun Baru 1 Muharram 1431H.
Mari kita berhusabah, dan menghadapi tahun baru ini dengan senyuman dan penuh OPTIMIS.
Kita realisasikan mimpi dan cita-cita kita, serta kita perbaiki kekurangan-kekurangan di tahun lalu.
Salam Hangat selalu dari Banyuasin, SumSel.
Muhammad Ni’am.

masih ditanya tahukah anta… hehe.. ane gak tau , mba.

btw, mau ngajak utk ikutan tasyakuran blog dila di http://dhila13.wordpress.com/2009/12/17/tasbih-bukan-kontes-biasa-sticky/ yang beruntung nanti akan dapat sebuah novel sebagai bingkisan.. dateng yaa… 🙂

blog yang mencerahkan…..
salam kenal

waduh bisa jadi bahan refleksi nich…great
salam kenal…
nice to read

heheh u memang sudah ada kemajuan dalam mengisiblogmu,niz
senang dech jadinya
salam hangat selalu

subhanallah,
terima kasih ilmunya mba,
saya jadi semakin paham,
ternyata saya masih banyak kekeliruan

Untung saya tidak termasuk dalam kriteria tulisan diatas. Salam D3pd, mengucapkan selamat pagi kerena kena lembur dikantor, jadi bermaksud ingin tuker link ya, sudah saya pasang dan mohon ditinjau kembali…

g boleh berbelit2 berarti ga boleh nulis sajak dong…
sajak kan berbelit2 intinya cma stu! he…

sepertinya aku sering berbelit-belit 😥 gimana niyh mbak..

katak itu selalu bertasbih ya 🙂

suatu artikel yang bisa menjadikan cerminan dan postingan yang bisa di jadikan contoh untuk saya, terima kasih admin pabrik kulit murah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Indonesians’ Beautiful Sharing Network
spacer

Blog Stats

  • 28,178 hits
%d blogger menyukai ini: