mahardhika dewi

Archive for the ‘Religi’ Category

  • NABI MELARANG BICARA BERBELIT-BELIT

Diriwayatkan dari Jabir bahwa seseorang telah memuji dan menyinggung Nabi sehingga mulutnya sampai berbusa-busa. Jika berbicara, Ia selalu berbelit-belit. Nabi kemudian mengingatkan “ Hendaklah kau sedikit bicara dan jangan menurut kehendak setan sebab orang yang yang berbelit-belit bicara termasuk saudara kandung setan “ (HR. as-Syirary dalam kitab al-Alqab) Hadist ini berisi tentang larangan agar tidak berbelit-belit dalam berbicara. Manusia akan diminta pertanggungjawabannya dari kata-kata yang diucapkan itu. Allah pun berfirman “ Tiada dia bicara melainkan di sisinya malaikat Raqib dan Atid”.

  • TIGA KRITERIA ORANG BOLEH BERBOHONG

Suatu hari, seperti yang diriwayatkan Imam Thabrani dalam Al-Kabir, Nabi khutbah dihadapan para sahabat. “ wahai manusia, apa yang mendorong kamu berturut-turut berbohong seperti tempat tidur (kasur) berturut-turut terbakar dalam api. Ketahuilah, setiap kebohongan dicatat atas semua anak adam kecuali tiga 9kriteria). 1) oarang berdusta dalam peperangan karena perang itu tipu daya. 2) Orang berdusta kepada istrinya untuk menyenangkannya. 3) Orang berbohong pada dua orang 9yang bermusuhan) untuk mendamaikannya. “ maksudnya, tiga orang dalam kriteria dibolehkan berbohong karena dalam kondisi darurat.

  • BAGIAN DAGING YANG DISUKAI RASULULLAH

Suatu hari Rasulullah dihadiahi daging unta oleh seseorang. Kemudian Ia memakannya bersama para sahabat. Saat itu, Abdullah bin Ja’far mendengar ucapan Nabi, yang berisi : “ Hendaklah (kau makan) daging punggung sebab daging punggung itu termasuk daging yang paling baik. Dan yang lebih baik lagi adalah daging bagian kaki. “Menurut Rasul, daging punggung hewan termasuk daging yang terbaik, tapi yang lebih baik lagi adalah daging “DZIRA”, yaitu daging hasta, atau kaki belakang dan depan. Keterangan hadist ini diriwayatkan oleh Abu Nu’aim dari Abdullah bin Ja’far, kenudian driwayatkan pula oleh Thabrani.

  • LARANGAN NABI MEMBUNUH KATAK

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad, seperti halnya dalam Sunah Abu Daud, bahwa seorang dokter (tabib) bertanya kepada Nabi tentang katak untuk dijadikan obat. Nabi lalu melarang dokter itu untuk membunuhnya karena katak itu selalu bertasbih, “ Nabi melarang membunuh katak sebagai obat”. Sementara itu, al-Baidhawi berpendapat bahwa membunuh katak dengan alasan untuk menjadikannya sebagai obat bukan karena keharamannya, melainkan karena kenajisannya atau karena katak termasuk binatang yang menjijikkan.

  • LARANGAN NABI MENYIKSA BINATANG

Dalam kitab Shahih Bukhari dijelaskan bahwa suatu hari Said bin Jubair berkata, “ Ketika aku berada di dekat Ibnu Umar, lewatlah beberapa pemuda. Mereka lalu menyakiti dan melempari seekor ayam dengan batu. Ketika mereka melihat kehadiran ibnu umar, mereka semua lari berpencar. Maka, berkatalah Ibnu Umar “ Siapa yang berbuat? Sesungguhnya Rasulullah pernah bersabda, “ Allah melaknat orang yang menyiksa binatang.” Keterangan hadist ini menegaskan bahwa menyiksa binatang termasuk HARAM hukumnya.

Semoga bermanfaat 🙂

Assalamu’alaikum wr. wb.
Hay, pernahkah kau merasa…. Hatimu hampa… pernahkah kau merasa… hatimu kosong…he3, itu sih lagunya Ungu. Sory, bukan itu yg mau saya tanyakan, tp skalipun saya bertanya sperti itu, saya yakin jawabnya kbanyakan pada “iya”.

Sahabat semua, pernahkah anda merasa, bahwa ktika anda sudah benar-benar dan bersungguh-sungguh dalam berdoa, tetapi kok belum terkabul jua… Padahal anda sudah berusaha beriibadah sebaik mungkin, banyak mlakukan amal kbajikan, serta dengan bersungguh-sungguh meminta kepadaNYA.

Oke, saya ada sdikit cerita nih. bgini critanya;

Pada suatu ktika, spulang sekolah tampaklah seorang anak kecil merengek, merayu meminta sesuatu pd ortunya. Krna saat itu buln Ramadhan, ia meminta uang untuk membeli petasan sperti yg dimainkan tmen2 lainnya. Dan rupanya rengekan dan rayuan sang anak tdk meluluhkan hati ortunya utk memberikn uang. Anak tsb tdk peduli walo sudah diberi pengertian oleh ortunya, bahwa membeli petasan tdk berguna dan berbahaya bagi dirinya. Lantas, ia marah dan jengkel pd ortunya. Mrasa tdk diperhatikan dan tdk disayang.

Sahabat smua, kjadian tsb sbenarnya brkaitan dgn pengetahuan kita yg terbatas. Saat masih kecil pengetahan kita sangat trbatas dibandingkan dgn ortu kita. Akibatnya kita hanya memikirkn kesenangan saja tanpa memperdulikan akibatnya. Bgitu pula dengan hubungan manusia dgn ALLAH. Manusia mempunyai pengetahuan yg sangat trbatas di bandingkan ALLAH. Karna ALLAH Maha Tahu dan Maha Segala-galanya. Sedangkn manusia mempunyai batasan2 kmampuan dan pngetahuan. Akibatnya doa kita tdk ato belum terkabulkan. Karna ALLAH mengetahui hal itu bukan yg terbaik buat kita. Namun, anehnya kita sering kecewa dgn-NYA. Menganggap bahwa ALLAH Yang Maha Pengasih tdk sayang pd kita.

Oce sahabat smua, sebenarnya ALLAH tdk pernah tdk mengindahkan doa hamba-NYA. Jika ternyata tdk terkabul, saya yakin ALLAH menggantinya dengan yg terbaik bagi kita. Sekali lg, jika kita merasa bahwa doa yg kita panjatkan slama ini tidak pernah terkabulkan, yakinlah…. itu yg terbaik bagi kita. Suatu saat pasti akan datang  jawaban, bahkan mungkin lebih baik dari yg kita minta.

Ingatlah, ALLAH selalu memberikan yg terbaik bagi hamba-NYA. Teruslah berusaha bersabar, bertawakal, serta selalu berbaik sangka (husnuzon) pada-NYA… 🙂

Member : dari hati ke hati, by Mata 4Q

Intermezo : Dunia yang indah semua diperuntukkan untuk kita, Nikmati dan ambillah…. tapi ga boleh serakah ya…. selalu mau itu itu itu dan terus menginginkan yang lebih…. bersyukur membuat kita semakin nikmat dalam menjalani segala hal… dalam kondisi apapun anda… (Insya ALLAH) ~_~

Akhir kata, smoga bisa semakin membuka serta melapangkan hati kita. Smoga ALLAH mengampuni dosa-dosa serta ksalahan-ksalahan kita.
Wasslam…. (^_^)

Bismillah….

hmmm ga’ terasa 15 oh 16 harimu telah kulalui, besok 17 selanjutnya 18 19 20 dst….

yups tinggal separuh ramadhan…. (ga’ tau mesti seneng atau sedih, campur aduk deh pokonya)

Ramadhan oh ramadhan …

Semoga separuh jiwaku… tak pergi bersama separuhmu… TETEP SEMANGAT!!

ingat-ingat mengenai ramadhanku, kadang ada aja yg menggelitik…

Salam RamadhanRamadhan-Ku uda masuk pertengahan yang berarti pintu magfirahnya atau ampunannya telah dibuka, mari banyak-banyak memohon ampun padaNYA, sang penguasa alam dan isiya.

mulai dari sahur….  semakin lama sodara-sodara makin susah aja di bangunin, hiii…. saat menjelang imsak baru deh pada kalap, makan cepet-cepet kaya lagi ikutan lomba, balap-balapan  biar sahur nya segera kelar, sambil sesekali melirik ke arah jam… xixixi…

kemudian selesai sahur dan solat subuh berjama’ah lanjut lagi ke tempat tidurrr.. yups tidur selesai sahurrr….. jika hari kerja pastinya pada rajin bangun pagi nah kalo lagi libur kaya hari minggu gini, hmmm puasa kok malah tidur sampe siang bolong dooohh.. lemes loh tar 🙂

anggaplah puasa telah dilalui, mengenai nilai ibadah apaakah diterima olehNYA , hmm ALLAH hu’ alam (semoga diterima ALLAH, AMIN)  ^_^

menjelang berbuka dan berbuka…  karpet dikelar mulai deh siep-siepin menu buka, mulai dari minum hingga lauk pauk seadanya dan sewajarnya, yg pasti pelecing biasanya jadi menu utama dan harus ada, kalopun ngga diganti degan menu senada heee… ma’nyus  huaam.

sebelum bedug nonton siraman rohani dari KH Zainudin MZ di TV one…. seneng deh dengernya,  detik demi detik dug dug dug ALLAHUAKBAR 3x..  bedug magrib tiba,  cemoonn semua pada kumpul n ambil posisi buka masing-masing, wow pastinya nikmat banget suasana makan bareng seperti ini.. hayooo saling ngingetin jangan terlalu kenyang tar solat magribnya ga kuat HAHA….

Tarawih… untungnya yg jadi imam adalah bapak sendiri, dulunya selalu berjama’ah dirumah tapi sekarang karena ga’ ada marbot musholla, bapak nyoba jadi iman di sekitar musholla rumah..

yah begitulah, kalo bapak jadi imam dirumah dulunya kita bisa request kalo mau tarawaih hehe… misalnya kalo ada film bagus kita bisa pesen… pa tarawihnya mulainya di percepat ya soalnya tar ada film bagus, atoo bilangnya gini.. tar ayatnya jangan yang panjang-panjang ya pa’ biar cepet selesai soalnya ada….. hihihhii… doohh kok jadi gini sih… (don’t try this at home) 😆

yah namanya juga iman manusia,  kadang kendor kadang juga ta’at ;))

selanjutnya tadarus…. semangatnya kadang uda semangat 45  pengen tadarus ampe berjus-jus.. tapi yahhh boro-boro baru beberapa kali ‘ain langsung pulang…. tanya mengapa begini?…

tapi yang pasti RAMADHAN is the best… ibadahnya harus lebih baik dari bulan-bulan lainnya, sstuju!!

Call ALLAHBanyak Do’a yang didengar dan terkabul di bulan suci ini, sang maha mujib (maha mengabulkan) baginya semua mudah, ga’ ada yg susah, tinggal menghadap tanpa protokeler apapun…. apalagi di malam LAILATUR QADAR, subahanallah ^_^

Jujur untuk judul postingan kali ini aku hanya mencoba menerka dan menerawang dari pengalaman pribadi dan beberapa orang di luar sana….

yup inilah keyakinan saya ” selama ada niat baik pasti ada jalan” tinggal tunggu aja beberapa keajaiban yang akan menghampiri…. ga mau naif tapi begitulah, sesuatu hal tergantung niatnya kan. comot salah satu Hadist Riwayat Muslim ga’ tau nyambung atau nggak dengan referensi catatanku hehe… Sesungguhnya sahnya sesuatu itu tergantung niatnya (HR MUSLIM) ^_^ “

contoh saja… kalo ga’ salah tahun lalu mulai deh kepikiran bahwa tahun ini uda mesti punya suami minimal calon suami (ga’ mau main-main lagi, ga mau kalo cuma niatnya seneng2 doang, ga mau nyakitin sapa pun, udah!) yah ga tau gimana caranya yang jelas entah temen deket atau teman jauh yang masi ngarep-ngarep harus segera digebet hehehe….. (padahal ga’ segampang itu maksain hati). 😆

Hari haripun aku lalui enjoy, ga pernah ngerasa kekurangan temen, ga pernah pengen buat diri ngerasa boring, walau kadang-kadang perasaan itu muncul aja tanpa permisi.. bete, sebel. tapi temen emang paling oke deh dalam setiap suasana (itu karena ga’ punya someone yang special jadi ujung2nya kumpul bareng temen xixixixi, hmm untung aja mereka siap nemenin kemana aja yak)…. selalu support dalam segala hal deh… thanks f u all friends. 😉

tanpa terasa tahun 2009 nyampe juga, hohoho… masi mikir nie cowo-cowo kemana sie??? ga liat nie, ada cewe manis kok dianggurin, haduuuu…………… hehehe.. (narsis mode on). ;-p

Allah maha tau walaupun daun yang gugur
Allah maha tau walaupun daun yang gugur

sampe suatu hari…. (kaya mo cerita dongeng aja ya? 🙂 ) anggaplah beberapa hari yang lalu, beberapa minggu yang lalu atau beberapa bulan yang lalu… ga tau dateng dari mana muncul dari mana (moga bukan hantu aja hehe) ia hadir mengisi hari-hariku.. yup terasa bermakna semuanya deh, Trimakasi sayaaang (^_^),  berharap semoga ini yang terakhir. nah ini salah satu contoh niat baik akhirnya terwujud (yakin deh ga ada sesuatu yang kebetulan di dunia ini, wong daun yang jatuh dari rantingnya aja semua atas kehendakNYA) setuju kan!!… harus setuju!!, MAKSA!! ^_^

dilain hal….. teringat pencapaian yang saya lalui, jangan pernah berpikir bahwa apa yang kita dapatkan semua adalah karena hasil kerja keras atau semata-mata hanya karena upaya sendiri, that wrong!!… saya yakin ada faktor x yang nilainya jauh lebih besar dari apa yang telah saya lakukan, anggap saja salah satunya adalah karena NIAT. Niat baik akan di balas baik, tapi kalo niat buruk akan dapet balesan buruk juga ga ya?? setau saya dalam islam baru niat baik aja uda dapet pahala gimana kalo ngelakuinnya, ya jelaslah bertambah pahalanya kan, nah kalo niat buruk belum dapet dosa selama niat buruknya belum dijalani. berarti untung yah $_$

contoh lainnya seorang temen nun jauh disono… yang memutuskan ingin menikah padahal belum jelas juga bakal nikah dengan siapa? (kalo dipikir-pikir aneh ya?) di utarakanlah niatnya pada ortu, saat ditanya dengan siapa? dia malah jawab ga’ tau “pokonya tahun ini saya mau menikah” ck ck ck….. kalo ga’ kesampean bisa stress nie… hadu jauh2 deh yg namanya stress jangan sampe kaya marshanda yak.. xixixxi. Dan begitulah ga lebih dari sebulan ia menemukan pasangan dan merencanakan ke pernikahan, akhirnya plan a b c d semua disusun dan seharusnya sudah bisa mengumpulkan dana untuk biaya pernikahan eh taunya dana tersebut malah ga cukup-cukup katanya, bahkan sampai 2 minggu menjelang hari H  (pastinya tambah stress bngt!?) artinya dia kan ga punya dana untuk menikah. TAPI… tapi kok ternyata bisa berlangsung nikahnya ya?? hmmmm…… kembali lagi ke NIAT, kalo dipikir-pikir katanya ” loh kok bisa??”) hehehe… Selamat buat mas cayo.. moga rukun terus dalam pernikahannya, smg SAKINAH MAWADDAH WAROHMAH, AMIN ^^

Nah ini dulu… sebenernya masi banyak lagi hal-hal ajaib lainnya, tapi tar malah kepanjangan ceritanya…. bosen bacanya, just sharing dan mencoba mengingatkan diri sendiri bahwa selalu ada ” keajaiban untuk sebuah niat baik ” Keajaiban menurut saya adalah campur tangan Allah, pertolongan Allah yang maha kuasa dan sudah seharusnya dan sepantasnya lah kita banyak-banyak bersyukur pada yang kuasa seraya mengucap “ALHAMDULILLAH ya ROBB” \^.^/”

buat teman-teman bisa share keajaiban apa aja yang pernah anda alami..???


Mohon maaf jika ada salah-salah kata…. kalo ada kesalahan mohon dikoreksi, terimaksi… ^^

Bismillah…

Alhamdulillah,

Ramadhan tiba… Ramadhan tiba… Ramadhan tiba….

Marhaban ya Romadhan.. Marhaban ya Romadhan.. Marhaban ya Romadhan…

kurang lebih 3 hari lagi kita akan bertemu dengan bulan yang sangat di nanti-nantikan kaum muslim muslimin di seluruh dunia, ” BULAN SUCI RAMADHAN”

Semua bahagia dan bersuka cita menyambutnya, anak kecil maupun orang dewasa…

Suasana ramadhan semakin terasa kental….

Rindu akan suara petasan saat berbuka n sahur… (asal petasannya jangan disalah gunakan dong, dijadikan bahan keisengan or kejailan, dosa!!) 😆

Bulan inikan penuh ampunan dan berkah, jadi yuukk berlomba-lomba meraihnya.

Menahan diri, menahan lidah, menjaga hati, menjaga mata.

Bulan yang identik dengan kebersamaan, Sahur, berbuka, tarawih, tadarus dll…. (kangeeennnn….)

Saat sahur ada pahala, bahkan tidurpun pahala…. Subahanallah

Terasa Indah saat berbuka…. (biasanya suka kalap nie kalo santapan pertama hehe…)

PAHALA DATANG BERLIPAT GANDA

Banyak yg bilang Bulan ini adalah bulan panen, panen amal tentunya, sapa yang rajin maka banyak pula yang akan diperoleh, sapa yang malas maka sedikit juga yang didapat. 🙂

Yuu…… raih DUNIA BAHAGIA, kemudian SURGA NANTINYA. AMIN (^_^)!!

KEPADA YTH : semua Temans-temans, saya ingin menyambut Ramadhan ini dengan ma’af kalian.

MOHON MA’AF LAHIR DAN BATHIN ATAS SEGALA SALAH & KHILAF BAIK YANG DISENGAJA ATAUPUN TIDAK DISENGAJA, mahapkan mohon….. T_T 🙂

Teringat saat pertemuan pertama kali, Ia jaim dan sedikit cuek, yah Cinta tidak pada pandangan pertama, mungkin inilah yg ia katakan padaku…, (ya iya wong saat pertama ga’ menatapku… hehehe) ;-p

benar kata kebanyakan orang… tak kenal maka tak sayang,

namun saat rasa itu datang perlahan-lahan karena niat yang baik, why not? saat cinta datang mengetuk pintuku, ku biarkan ia denganku…. Ia mungkin tak lelah karena semuanya untuknya. cinta untuk mencari ridha-NYA, jadi menurutku melayaninya adalah kebaikanku, menjaganya berarti menjagaku. namun jika ternyata ia menyakiti bisakah kita menerimanya?? (berfikir positif : mencoba menerima melepas dan menganggap itu sebagai pembersihan atas diriku) 😦

be wistful 1 **

Sejenak ku biarkanlah hati ini yang bicara. Hentikan segala kata yang terlalu banyak mengeluarkan sangkalan dan alasan yang sebagian besar bukanlah kesungguhan.

Sejenak ku berikan kesempatan hati ini untuk mendengar, untuk menyatakan apakah yang kita lakukan adalah suatu keridhaan-NYA atau hanya keinginan-keinginan yang diselimuti nafsu tersamarkan.

Ku Biarkan hati ini menyatakan rasa, berusaha menjaga hati, supaya ia tetap bisa melihat kebenaran dan keindahan didepan sana. ^_^

be wistful 2 **

Ketika kita bertemu dengan orang yang tepat untuk dicintai, ketika kita berada di tempat pada saat yang tepat, itu adalah kesempatan.

Ketika kita bertemu dengan seseorang yang membuatmu tertarik, itu bukan pilihan itu kesempatan.

Bila kita memutuskan untuk mencintai orang tersebut bahkan dengan segala kekurangannya, itu bukan kesempatan, itu adalah pilihan.

Ketika kita menyadari bahwa masih banyak orang lain yang lebih menarik lebih kaya lebih pandai daripada pasanganmu dan tetap memilih untuk mencintainya, itu adalah pilihan.

Perasaan cinta, simpatik, tertarik bagai kesempatan pada kita. Tetapi cinta sejati yang abadi adalah pilihan yang kita lakukan.

Kita ada di dunia bukan untuk mencari seseorang yang sempurna untuk di cintai. TETAPI untuk belajar mencintai orang yang tidak sempurna dengan cara yang sempurna. (message from my friends Ozin mata 4 Q 🙂 )


Kembali ke

Katakan : Aku Cinta Padamu

mam, I love u. sayang, apa kabarmu hari ini, i love u. Honey, I miss u.

begitulah ungkapan cinta yang kadang muncul melalui pesan singkat baik terhadap ibu, ayah, sodara, bahkan sahabat atau kekasih sekalipun. kadang-kadang saat ngobrol sedikit selalu ada kalimat penutup atau pembuka yang tak terlupakan : lov u, i love u, miss u. 🙂 , bahkan dengan saling memanggil cinta, sayang, haney dll. Bagi sebagian orang bisa jadi ini terlihat berlebihan namun ternyata tidak demikian. Banyak hadits dan riwayat Nabi yang menyatakan betapa mengungkapkan cinta adalah salah satu sunnah nya. Baca entri selengkapnya »

Bismillahirrahmanirrahim.

hmm…. Pasti bingung kan maksudnya apa??? Allah masa cemburu???….. yuuu.. . mari kita singkap maksudnya apa.

ini berkaitan dengan cinta… ya cinta… bicara tentang cinta memang tak pernah ada habisnya, wow jatuh cinta berjuta rasanya… aku yakin semua pasti pernah merasakan cinta… tapi cinta seperti apakah yang kita punya?…..

SO…..

Cinta pada Allah harus dibedakan. Cinta kepada Allah adalah pengorbanan, kesatuan hati dan pikiran mewujudkan cinta. Cinta pada Rasul dengan mengikuti sunnahnya. Cinta sesama manusia dengan saling mengasihi dan menyayangi.

Aku di anugrahkan hati yang merupakan hak Allah, ketika Allah mendapati hati ini syirik atau percaya kepada sesuatu yang selain Allah, apa yang terjadi ??? yup Allah bisa cemburu loh… Baca entri selengkapnya »


Indonesians’ Beautiful Sharing Network
spacer

Blog Stats

  • 28,178 hits